Selasa, 11 Oktober 2011

Tahun 2015, Separuh Penduduk Dunia Wajib Memiliki Akses Internet


Seberapa penting! Dan apakah hal tersebut bisa diterapkan di negara Indonesia?? Negara Indonesia adalah negara dengan beragam suku bangsa. Ada yang tinggal di kota dan di pelosok pedalaman. Jangankan gunakan Internet, nyari sinyal saja begitu sulit saat berada di pedalaman. Seperti apa sih perkembangan Internet selanjutnya?

Masbro dan mbasis, pasti nggak kaget dengan apa yang dicanangkan negara-negara diseluruh dunia, termasuk di Indonesia. Jangan ngambil kesimpulan dulu mengenai ini semua. Yang jelas, ini sekedar share atau berbagi kepada masbro dan mbasis. Bagaimana kedepannya nanti.

Tulisan ini adalah catatan harian #blonek gue saat ke kota Pekalongan. Di sana sedang menggelar acara pengukuhan dan deklarasi relawan TIK provinsi Jawa Tengah. Dan kesempatan itu, nggak dibuang sia-sia tentunya. Sebelum membahas masalah ini, coba baca dulu tulisan yang gue ambil dari buku

Majalah IEEE Spectrum edisi November 2004 memuat sebuah artikel yang merupakan hasil wawancara terhadap 40 orang pakar (dari berbagai bidang ilmu) yang dianggap berpengaruh di dunia teknologi. Mereka diminta untuk memilih apapun yang dianggap penting dalam 40 tahun terakhir ini.

Terdapat banyak jawaban, tetapi ada akhirnya yang mengerucut. Tiga jawaban terbanyak dari 40 orang pakar itu adalah :
1. rangkaian terintegrasi (IC,Integrated Circuit)
2. Internet, dan
3. Komputer

Kemudian, ke 40 pakar tersebut ditanya mengenai teknologi yang berevolusi secara mengejutkan. Hasilnya adalah internet dan telepon seluler. Semua ini menunjukkan bahwa teknologi elektronika menjadi dominan pada 40 tahun terakhir.

Separuh penduduk dunia harus memiliki akses Internet

Menyikapi perkembangan teknologi yang seperti diatas, tentu kita harus berpikir ulang kedepannya untuk hidup kita selanjutnya. Catatan yang gue tulis di sebuah kertas berisikan seperti dibawah ini :

Tahun 2013 - 2014

Indonesia sudah harus memasuki era dimana negara tercinta kita ini harus memasuki era “Indonesia Informatika”. Hadirnya relawan TIK di tahun ini tentu ini adalah atas jawaban yang dicari suatu hari kelak jika kita sudah memasuki tahun 2013.

Tahun 2015

Separuh penduduk dunia harus memiliki akses Internet. Nggak kebayang bukan, jika seluruhnya jumlah penduduk di dunia memiliki akses Internet. Apa yang masih bisa dikatakan saat ini bahwa kalian masih tidak butuh Internet. Padahal kalian bisa mengakses facebook tentunya.

Tahun 2015 - 2019

Masih di tahun 2015, di tahun ini pemerintah mengharapkan Indonesia sudah berada dalam tahap pengguna “Broadbrand”

Tahun 2020

Indonesia sudah memasuki era Indonesia digital

Siapa sekarang masih tidak menggunakan Internet. Bahkan tukang Becak pun, tukang bakso pun dan lainnya sudah bisa menggunakan Internet. Sekarang tinggal dari diri kita kembali untuk menggunakannya. karena Internet bak pisau dengan dua mata yang sangat tajam. Dapat digunakan untuk hal yang positif dan juga negatif.

Mudahan, share ini bisa bermanfaat bagi masbro dan mbasis yang membaca blog ini.
sumber :> http://asmarie.blogdetik.com/2011/10/10/tahun-2015-separuh-penduduk-dunia-wajib-memiliki-akses-internet/?query-string

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalin komentar :D

Kumpulan Blog-Blog